Masjid Sheikh Zayed Solo MBZ

Masjid Sheikh Zayed Solo, Masjid MBZ

Masjid Sheikh Zayed Solo (masjid MBZ) adalah masjid yang terletak di kota Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Masjid ini awalnya dibangun pada tahun 2021, dan merupakan replika dari Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Ternyata, Masjid Raya Sheikh Zayed adalah hadiah dari Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai simbol persahabatan Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA). Simbol persahabatan itu juga diperkuat dengan ditanamnya pohon Sala yang terletak di area masjid.

Lokasi Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid Raya Sheikh Zayed ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 128 Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Daya Tampung Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid ini memiliki luas 8.000 meter persegi dan dibangun hingga dua lantai. Menariknya, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini juga dilengkapi empat menara dan satu kubah utama.

Baca Juga:  Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Total, Masjid Raya Sheikh Zayed memiliki sebanyak 82 kubah yang dihiasi batu pualam putih. Masjid megah ini mampu menampung jemaah sampai dengan 10.000 orang, sementara untuk bangunan intinya bisa menampung hingga 4.000 orang.

Kunjungi juga website berikut

Ornamen Masjid Raya Sheikh Zayed Khas Timur Tengah

Masjid Sheikh Zayed Solo di Malam hari
Masjid Sheikh Zayed Solo di Malam hari

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dibangun dengan nuansa emas dan putih, di mana pada malam hari, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini dihiasi dengan lampu berwarna biru yang menambah kemegahan dinding putih dan lampu kuningnya.

Ternyata, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo adalah replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi, UEA. Menteri Energi dan Industri UEA Suhail Mohammed Al Mazroui sempat mengatakan bahwa Pemerintah UEA berupaya untuk membangun masjid di Solo serupa dengan masjid aslinya.

Baca Juga:  Keraton Surakarta
Masjid Sheikh Zayed Solo Interior Masjid MBZ denan lantai motif batik
Masjid Sheikh Zayed Solo Interior Masjid MBZ denan lantai motif batik

Meskipun memiliki ornamen bangunan khas Timur Tengah, namun Masjid Raya Sheikh Zayed Solo tetap memiliki sentuhan unsur budaya Indonesia, salah satunya adalah di bagian lantai masjid terdapat hiasan motif batik, yaitu batik kawung.

Masjid Sheikh Zayed Solo Interior di Masjid MBZ Surakarta
Masjid Sheikh Zayed Solo Interior di Masjid MBZ Surakarta

Fasilitas Masjid Sheikh Zayed Solo

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, di antaranya adalah ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, ruang pengelola, taman, basement, tempat wudhu, hingga lahan parkir yang bisa menampung sampai dengan 29 bus.

Selain itu, fasilitas difable juga dibangun di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini, untuk memudahkan jemaah disabilitas agar tetap bisa menikmati kemegahan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Islamic Center di Masjid Sheikh Zayed Solo

Masjid Sheikh Zayed Solo Masjid MBZ
Masjid Sheikh Zayed Solo Masjid MBZ

Sementara itu di sekitar kompleks masjid, dibangun juga Islamic Center yang bisa menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam. Nantinya, di dalam area Islamic Center itu akan didirikan Taman Pendidikan Al Quran (TPA), tempat tafsir Al Quran, madrasah, hingga tempat pengembangan ekonomi syariah yang menjual produk halal.

Baca Juga:  Wisata Pantai Sadranan Yogyakarta untuk liburan akhir pekan

Hubungi Solotransport.my.id 085106170004 untuk rental kendaraan ke Masjid Sheikh Zayed Solo dan wisata di solo lainnya.

Related Posts